Zarco Kaget Melihat Tabrakan Ducati-Honda di MotoGP Spanyol

0
14
Johann Zarco kaget dengan tabrakan pebalap Ducati-Honda. (REUTERS/Marcos Brindicci)

Jakarta, CNN Indonesia — Pebalap Yamaha Monster Tech 3, Johann Zarco, mengakui kaget melihat kecelakaan yang dialami pebalap Ducati dan Honda, Andrea Dovizioso, Dani Pedrosa, serta Jorge Lorenzo pada MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5).

Tiga pebalap itu mengalami kecelakaan pada lap 18 di tikungan enam. Berawal dari aksi Dovizioso menyalip Lorenzo di posisi kedua. Pebalap asal Spanyol tersebut berusaha menyalip kembali dari sisi dalam tikungan enam.

Tak lama kemudian, Pedrosa berusaha menyodok juga dari tikungan dalam ketika Lorenzo mulai melebar. Lorenzo pun berusaha menutup ruang bagi Pedrosa, namun terlambat.

Pebalap Repsol Honda itu keburu menabrak bagian belakang motor Ducati yang ditunggangi Lorenzo. Pebalap asal Spanyol itu terdesak ke kiri atau sisi luar tikungan dan menghantam Dani Pedrosa. Tiga pebalap itu pun terjatuh dan gagal finis.

Jorge Lorenzo sempat berada di posisi terdepan sebelum disalip Marc Marquez. (
Jorge Lorenzo sempat berada di posisi terdepan sebelum disalip Marc Marquez. (REUTERS/Jon Nazca)

Kondisi tersebut jadi sebuah keberuntungan besar bagi Zarco sehingga posisinya naik ke urutan kedua dari posisi kelima pada sisa lima lap lagi.

“Ketika saya melihat ketiganya [Pedrosa, Lorenzo, dan Dovizioso kecelakaan], saya tidak mempercayainya. Kemudian saya mencoba fokus dan meraih 20 poin sungguh luar biasa,” tutur Zarco seperti dikutip dari Crash.

Pebalap asal Perancis itu pun berhasil mempertahankan posisi hingga finis dengan merebut podium kedua. Podium ketiga diraih pebalap Suzuki, Andrea Iannone.

Posisi keempat hingga 10 masing-masing ditempati Danilo Petrucci, Valentino Rossi, Jack Miller, Maverick Vinales, Alvaro Bautista, Franco Morbidelli, dan Mika Kalio.

Zarco sendiri mengakui sebenarnya ia mengalami situasi yang amat sulit sejak awal-awal balapan sebelum pebalap Honda dan Ducati mengalami kecelakaan di tikungan enam.

“[Balapan] hari ini bagus. Saya tak mampu mendahului dan kehilangan waktu di tikungan enam. Kemudian bisa di posisi kelima dan berpikir bisa meraih rombongan di depan untuk meraih posisi kedua,” ucap Zarco.

Zarco kini berada di posisi kedua klasemen sementara MotoGP 2018 dengan mengoleksi 58 poin atau berbeda 12 poin dari Marquez di posisi puncak. Peringkat ketiga ditempati pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales. (bac)

Saksikan Siaran Langsung Pertandingan Piala Dunia 2018 di TransTV, Trans7, Transvision, serta Dapatkan Berita Terbaru Juga Video Cuplikan Resmi di detikcomCNNIndonesia.com dan CNBCIndonesia.com.
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here