Upacara Pelepasan KKNM Tematik 2018 Mahasiswa Unla di Program Citarum oleh Rektor Unla Harry Anwar

0
43
Upacara pelepasan mahasiswa KKN Unla di Kampus Unla, Jalan Karapitan, Kota Bandung, Senin (6/8/2018). Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG – Universitas Langlangbuana (Unla) memberangkatkan 1.074 mahasiswa untuk kuliah kerja nyata (KKN) periode 2018. Sekitar 400 mahasiswa, ditempatkan khusus di daerah aliran sungai (DAS) Citarum.

Rektor Unla Harry Anwar mengatakan, ribuan mahasiswa Unla akan mulai KKN per hari ini, hingga 8 September 2018. Mereka ditempatkan di 14 desa di 5 kecamatan yang ada di lima kabupaten/kota di Jabar, yaitu Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Purwakarta, dan Kota Bandung.

“Ada sekitar 400 mahasiswa kami yang dikerahkan untuk mendukung program Citarum Harum. 31 orang dosen akan membimbing pelaksanaan KKN ini. Target pencapaian selama 200 jam sebulan, diharapkan memberi kontribusi positif terhadap masyarakat,” kata Harry seusai upacara pelepasan mahasiswa KKN Unla di Kampus Unla, Jalan Karapitan, Kota Bandung, Senin (6/8/2018).

Menurut Harry, KKN Unla di sekitar DAS Citarum baru kali ini dilakukan. Program tersebut sesuai dengan arahan pemerintah agar perguruan tinggi ikut terlibat membersihkan Sungai Citarum. Unla, kata dia, mendukung program pemerintah menjadikan Sungai Citarum bersih dan bebas dari limbah.

“Kami berharap Sungai Citarum bersih, tidak ada limbah. Makanya harus ada pembuktian, dengan melakukan pemberdayaan mahasiswa KKN di sana. Nanti mahasiswa kan menilai secara objektif apakah pabrik masih buang limbah ke sungai atau tidak. Dengan begitu, kami bisa melakukan langkah konkret untuk KKN berikutnya,” beber Harry.

Tahap awal, lanjut dia, KKN mahasiwa Unla akan melakukan orientasi yang dilanjutkan pemberdayaan masyarakat, menginventarisasi masalah, kemudian mencari solusi atas berbagai persoalan yang terjadi di DAS Citarum. Di sana, akan ada transfer keilmuan dari mahasiswa ke masyarakat. Misalnya, bagaimana memisahkan limbah rumah tangga dan mengolahnya.

KKN Unla Tahun Akademik 2017/2018 kali ini mengangkat tema Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Bentuk Pemberdayaan Masyarakat dan Semangat Integrasi Sosial Kemasyarakatan.

KKN diwujudkan melalui tiga program utama, yaitu program pemberdayaan masyarakat, program promosi Unla, dan partisipasi sesuai dengan program desa melalui KKN Tematik Citarum Harum dan KKN Tematik sesuai dengan program desa masing-masing.

Jumlah mahasiswa peserta KKN Unla adalah 1.074 mahasiswa, terdiri dari 650 orang mahasiswa reguler dan 424 mahasiswa karyawan. Mereka merupakan mahasiswa Fakultas Hukum 131 orang, Fakultas Ekonomi 366 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 153 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 153 orang, dan Fakultas Teknik 271 orang.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here