Sri Mulyani: Pejabat Eselon Kena OTT KPK, Itu Tamparan!

0
39
Foto: Hendra Kusuma/detikFinance

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta kepada 366 pejabat eselon III Kementerian Keuangan untuk tetap bekerja sesuai dengan lima nilai yang menjadi dasar menjalankan amanah sebagai aparatur sipil negara (ASN). 366 pejabat eselon III tersebut baru dilantik untuk menduduki posisi di Direktorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan.

Lima nilai tersebut adalah profesionalisme, integritas, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan. Sri Mulyani tidak ingin tindakan tercela seperti korupsi terjadi lagi.

“Minggu ini kita punya berita nggak baik, pejabat eselon IV di OTT (operasi tangkap tangan) KPK, itu tamparan kita semua, di Ditjen Pajak juga ada salah satu kepala kantor yang ditangkap oleh internal kontrol kita,” kata Sri Mulyani di gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Agar tidak terulang, Sri Mulyani mengingatkan kepada 366 pejabat eselon III yang baru dilantik untuk menjadi contoh para staf Kementerian Keuangan.

“Karena posisi eselon III penting, posisi kunci membuat institusi itu baik atau buruk, berjalan secara reliable, bisa diandalkan atau tidak, menciptakan kultur, nilai budaya organisasi yang baik atau buruk, kuncinya itu ada di eselon III,” ujar Sri Mulyani.

Dia melanjutkan, posisi jabatan eselon III juga memiliki peran kepemimpinan yang dijadikan model atau figur bagi para pegawai biasa di Kementerian Keuangan.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga menegaskan tugas dari Kementerian Keuangan itu tidak mudah, karena harus mengelola keuangan negara, tugas yang tak hanya sebatas menjalankan APBN.

“Kementerian Keuangan adalah pengelola keuangan negara, untuk mencapai tujuan bernegara, tujuan negara sudah dirumuskan oleh pendiri bangsa dengan proses panjang, dari aspirasi dan keinginan bangsa RI yang menjadi negara yang merdeka, berdaulat, adil, makmur, dan sejahtera, dan bermartabat, itu cita-cita yang mulia,” ungkap dia.

Oleh karena itu, Sri Mulyani meminta kepada 366 pejabat eselon III tersebut menjalankan tugasnya dengan benar atau sesuai lima nilai yang ditanamkan di Kementerian Keuangan.

“Tugas kita sebagai pengelola adalah memastikan instrumen keuangan bisa digunakan secara efektif, benar, bertanggung jawab demi kemakmuran rakyat, demi selurus-lurusnya negara. Kami ingatkan kembali kepada saudara yang dilantik pada pejabat eselon III,” tutup dia. (hns/hns)

 Sumber : Detik.com
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here