Bungkam Arema FC, Persebaya Surabaya Rajai Derby Jatim

0
27
Persebaya Surabaya vs Arema FC

Liputan6.com, Surabaya – Persebaya Surabaya meraih tiga poin pada duel bertajuk Derby Jawa Timur kontra Arema FC. Pada pekan ketujuh Go-Jek Liga 1 bersama BukaLapak di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (6/5/2018), Persebaya menang 1-0.

Adalah Misbakus Solihin yang tampil sebagai pahlawan Persebaya Surabaya. Masuk sebagai pengganti Rendy Irwan Saputra di menit ke-68, pemain berusia 25 tahun itu mencetak gol kemenangan di menit ke-83. Berkat golnya, Persebaya pun naik ke posisi ketiga dengan raihan 11 poin.

Bertugas sebagai tuan rumah, Persebaya Surabaya langsung tampil menekan sejak awal. Bahkan, peluang emas sempat didapat tim Bajul Ijo di menit keempat. Mendapat umpan dari sisi kanan, Rishadi Fauzi melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti yang masih membentur pemain Arema.

Penguasaan bola terus menjadi milik tuan rumah di awal pertandingan. Tujuh menit berselang, kesempatan kedua untuk mencetak gol kembali didapat Persebaya. Sialnya, Ferinando Pahabol terlalu lama melakukan gocekan hingga ruang tembaknya semakin tertutup.

Di menit ke-13, giliran Rendi Irwan yang mengancam gawang Arema. Ia sukses memberikan umpan kepada Pahabol. Namun, tendangan Pahabol dari jarak dekat masih mudah digagalkan kiper Utam Rusdiana.

Bertubi-tubi gempuran sempat dilancarkan Persebaya Surabaya di menit ke-19. Namun, peluang yang mengarah pada Fauzi masih gagal dimaksimalkan. Peluang emas kembali didapat Persebaya di menit ke-27. Mereka mendapatkan peluang lewat tendangan bebas menyusul handball pemain Arema. Bola dioper ke arah Pahabol, tapi ia kesulitan menembah dari sudut sempit.

1 dari 3 halaman

Masih Buntu

Tim besutan Angel Alfredo Vera masih belum lelah menekan pertahanan Arema. Di menit ke-29, giliran Roberto Pugliara yang mendapatkan peluang. Tapi, sundulannya hanya membuat bola mengarah ke atas tiang gawang Arema.

Memasuki menit ke-36, giliran Arema yang melakukan percobaan. Berawal dari umpan mendatar Pahabol yang salah arah, Arema pun melancarkan serangan balik yang diakhiri dengan tendangan Muhammad Rafli. Sayang, sepakannya masih melenceng tipis di sisi gawang.

Rusdiana kembali melakukan penyelamatan yang membuat Persebaya frustrasi. Ia mementahkan peluang Fauzi yang berupa tendangan dari sudut sempit di menit ke-43.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Arema yang mencoba mengambil insiatif serangan lebih dulu. Dalam lima menit pertama, terlihat bahwa anak asuh Joko Susilo itu bermain lebih terbuka. Peluang emas pun didapat Arema di menit ke-54.

Berawal dari tendangan bebas, Rivaldi Bauwo menerima bola liar dalam posisi tak terkawal. Sayang, ia tak siap mengeksekusi bola ke gawang Persebaya yang sudah tak terkawal karena Miswar Saputra sedang tidak dalam posisi tepat.

Arema yang sadar bahwa tuan rumah jauh lebih mendominasi pun melakukan pergantian pemain. Di menit ke-60, Rafli ditarik untuk memasukkan Hanif Sjahbandi. Di kubu Persebaya, Pahabol digantikan dengan Irfan Jaya di menit ke-63.

2 dari 3 halaman

Gol Penentu

Dua menit kemudian, Vera juga memasukkan David Aparecideo da Silva untuk menggantikan Fauzi. Sementara itu, kedua tim melancarkan jual beri serangan hingga menit ke-70. Namun, belum ada peluang yang signifikan dari kedua tim.

Di menit ke-72, Pugliara mendapatkan peluang yang seharusnya bisa jadi gol. Berawal dari pergerakan David da Silva, Pugliara menerima bola liar dan dalam posisi tak terkawal saat mengeksekusi tendangan. Ironisnya, tendangan dari dalam kotak penalti itu malah mengarah ke atas gawang Arema.

Sempat terjadi lemparah dari arah tribun stadion saat pemain Arema akan mengambil sepak pojok di menit ke-73. Saat itu, pemain dan ofisial Persebaya langsung insiatif untuk mencoba menenangkan suporter.

Kebuntuan Persebaya akhirnya terpecahkan di menit ke-83. Berawal dari crossing Pugliara, Misbakus Solihin mendapatkan bola liar hasil sundulan pemain Arema. Ia tak menyia-nyiakan peluang untuk mengarahkan bola ke sudut gawang Arema.

Di akhir laga, drama sempat terjadi. Wasit mengeluarkan kartu merah kepada Oktafianus Fernando dan Hendro Siswanto. Keduanya sempat terlibat adu fisik saat berebut bola. Meski dua pemain keluar, keunggulan 1-0 Persebaya tak berubah hingga akhir laga.

Susunan Pemain

Persebaya: Miswar Saputra (GK), Ruben Karel Sanadi, Fandry Imbiri, M. Syaifuddin, Abu Rizal, Robertino Pugliara, Nelson Alom, Yohanes Pahabol (Irfan Jaya 63), Rendy Irwan Saputra (Misbakus Solikin 68), (C), Oktafianus Fernando, Rishadi Fauzi (David da Silva 65)

Arema: Utam Rusdiana (GK), Syaiful Indra Cahya, Arthur Cunha, Purwaka Yudi, Johan Alfarizi, Hendro Siswanto, M. Rafli (Hanif Sjahbandi 60), Dedik Setiawan, Dendi Santoso (C), Thiago Furtuoso, Rivaldi Bawuo

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here