Amazon Gagal Dekati Pasar Swalayan Inggris Waitrose

0
11
Amazon dikabarkan gagal membeli Waitrose, jaringan pasar swalayan terbesar di Inggris setelah melakukan upaya pendekatan pada tahun lalu. (Foto: AFP PHOTO / JOHN MACDOUGALL)

Jakarta, CNN Indonesia — Ambisi perusahaan perdagangan elektronik asal Amerika Serikat, Amazon memperluas pasar di Inggris masih terjegal. Amazon dikabarkan gagal membeli Waitrose, jaringan pasar swalayan terbesar di Inggris setelah melakukan upaya informal pada tahun lalu.

Diberitakan Reuters, Sunday Times menyebut Wakil Presiden Amazon untuk proyek-proyek khusus, Ajay Kavan mendekati salah satu Direktur John Lewis Partnership yang membawahi Waitrose.

Amazon dan John Lewis Partnership bahkan sempat melakukan beberapa kali diskusi informal pada November lalu. Namun, Kepala John Lewis Partnership Charlie Mayfield menolak melanjutkan diskusi itu.

Di sisi lain, Mayfield justru membantah telah terjadi pertemuan antara Amazon dan John Lewis Partnership.

“Saat-saat ini memang banyak spekulasi, tapi tak ada pendekatan kepada kami dari Amazon mengenai Waitrose, dan saya juga tidak mengharapkan hal itu,” kata Mayfield.

Keingingan Amazon membeli Waitrose ini terungkap usai sektor ritel Inggris menarik perhatian pasar dunia pada pekan lalu. Ketika itu, perusahaan swalayan Sainsbury membeli Walmart senilai sekitar US$10 miliar.

Jika ini disetujui, gabungan dua penguasa pasar swalayan ini bakal menjadi yang terbesar di Inggris.

Sebelum ingin membeli pasar Inggris, Amazon lebih dulu memperluas pasar di AS dengan membeli swalayan kelas atas, Whole Foods senilai US$13,4 miliar pada pertengahan lalu.

Amazon merupakan salah satu perusahaan yang tengah gencar berekspansi ke seluruh dunia. Dikutip dari visualcapitalist.com, analis menyebutkan Amazon terus meningkatkan kinerja pendapatan dengan cepat, dan ketika kerajaan Jeff Bezos itu meluas, masyarakat sudah sangat akrab dengan dominasi ritel berbasis daring tersebut.

Berdasarkan laporan global 500 Brand Finance bertajuk ‘The Annual Report on the World’s Most Valuable Brands 2018’, Amazon merupakan label dengan nilai merek (brand value/BV) tertinggi di dunia.

Nilai merek Amazon mencapai US$150,81 miliar atau melonjak hingga 42 persen dari nilai tahun lalu sebesar US$106,39 miliar. (age)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here